Sebuah Peluang Usaha Yang Belum Disadari Oleh Banyak Orang

Sebenarnya ide ini munculnya sudah beberapa bulan yang lalu ketika saya sedang mensuplai orderan ke Pusat Oleh-Oleh Bali “Karang Kurnia”. Ketika itu Gede sang pemilik artshop bercerita kepada saya tentang sebuah rombongan tamu yang berasal dari pulau Kalimantan. “Saya heran melihat ada tamu borong beli baju sampai berjuta-juta”, kata Gede. Saya sih berpikirnya ah itu biasa. Mungkin karena harga di “Karang Kurnia” terbilang relatif lebih murah dari artshop yg lain, bahkan dari pasar seni Sukawati. Tapi ketika saya mendengar alasan mereka memborong baju tersebut membuat saya merubah pola pikir saya. Ternyata mereka memborong baju-baju tersebut selain untuk oleh-oleh sanak familynya disana, juga untuk mereka jual kembali. Dan tidak tanggung-tanggung harga yg mereka bisa tawarkan di Kalimantan bisa mencapai 5 sampai 10 x lipat harga beli baju tersebut di Bali (Padahal artshop tersebut sudah juga mencari untung). Dan anehnya lagi kata mereka, walaupun dijual kembali mahal sampai 10x lipat, toh baju-baju tersebut laris manis bak kacang goreng. Mungkin warga Kalimantan sangat konsumtif dan kaya-kaya pikir saya. Pada saat itu saya mulai berpikir, seandainya saya bisa mencari toko yg saya sewa di Kalimantan dan menjual barang-barang dagangan saya yang berasal dari Bali disana, alangkah banyaknya untung yang bisa saya capai. Bayangkan saja untung satu buah baju bisa sampai 10x lipat dari harga beli. Kalo itu dikali sekian item barang yang laku mungkin saya bisa kipas-kipas pakai uang jualan :) hehehehe…..

Tapi karena hanya sebatas angan-angan pikiran itu akhirnya hilang seiring berjalannya waktu dan kesibukan saya mensuplai order ke artshop-artshop lainnya di Denpasar. Sampai akhirnya 3 hari yang lalu saya bertemu dengan adik sepupu istri yang berasal dari Gianyar dan menceritakan sesuatu hal yang membikin saya tercengang kembali. Adik saya ini ternyata telah lama juga mensuplai order barang-barang kerajinan Bali ke daerah lain di Indonesia seperti Sumatra, Batam, Kalimantan dan Sulawesi. Dan ternyata ceritera yang saya dengar di artshop Karang Kurnia hampir persis dengan apa yang diceriterakan oleh adik saya ini. Bahkan konsumen adik saya yang di Kalimantan telah berhasil mencicil sebuah rumah dari hasil kerja kerasnya menjual kerajinan yg berasal dari Bali di Kalimantan. Untuk itu Konsumen tersebut sangat berterima kasih sekali kepada adik saya ini, karena adik saya telah membukakannya jalan untuk mencari sumber penghasilan di Kalimantan.

Lain lagi ceritera tetangga saya yang sudah lama kerja di Jakarta dan akhirnya dimutasi kembali ke Bali. Selama dia tinggal di Jakarta, ia aktif memasarkan kerajinan dari Bali di Jakarta terutama ketika ada suatu acara rutin setiap hari Minggu yang saya lupa di daerah sekitaran apa. Ia bilang dagangannya laris manis setiap ia gelar di acara tersebut. Bahkan baju kaos yang terkenal di seantero Indonesia “JOGER” laris manis bak kacang goreng. Untuk itu setelah ia pindah ke Bali, ia berencana akan membuka sebuah toko di seputaran Bogor yang ia yakini prospeknya akan sangat bagus menjual barang-barang yang berasal dari Bali.

Dari cerita saya diatas kiranya saya dapat menarik sebuah kesimpulan, alangkah besarnya peluang yang tersedia jika seseorang menjual kembali barang-barang kerajinan dari Bali di daerah-daerah tersebut di atas. Jika saja ada putra daerah yang menangkap peluang ini akan begitu banyak wirausahawan baru yang nantinya tercipta dan mendapat untung dari usaha ini. Untuk itu saya mengajak kepada para putera daerah di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jakarta dan kota lainnya di Indonesia yang mempunyai semangat untuk maju, untuk segera bergerak dan memanfaatkan peluang ini sebelum banyak terdapat kompetitor di bidang yang sejenis.

Dan akhir kata, jika ada seseorang disana yang membutuhkan barang-barang kerajinan Bali untuk dijual kembali di daerah anda maka saya akan selalu siap untuk membantu anda dengan cara menyediakan barang-barang yang anda butuhkan dan akan mengirimkannya kepada anda. Saya tunggu orderannya :)

Salam Wirausaha…………………..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: